Wednesday, October 18, 2017

3 Langkah Menangani Lovebird Ngeruji di Sangkar

3 Langkah Menangani Lovebird Ngeruji di Sangkar - Menangani Lovebird Ngeruji – Burung yang mempunyai nada ciri khas ngekek ini, nyatanya juga memiliki rutinitas yang kurang bagus, yakni ngeruji. Tetapi rutinitas itu, tidak semuanya lovebird selalu merasakannya. Walau demikian hal demikian, umumnya tentu menempa pada burung yang masih tetap bakalan atau bahkan juga mengacu pada burung yang telah dewasa. Serta bila ngeruji hingga berlangsung pada si pengicau paruh bengkok ini, automatis ia juga juga akan relatif seringkali ada di dekat jeruji sangkar. Kadang-kadang sering menubrukkan tubuhnya serta seringkali juga bertengger atau berdiam diri pada jeruji.

Lovebird yang alami rutinitas ngeruji, pasti tidaklah problem yang dapat di abaikan. Pasalnya jika dilewatkan jadi hal itu makin lama juga akan jadi satu rutinitas. Serta bila burung telah umum menubrukkan dianya serta bertengger maupun semacamnya yang dikerjakan dekat pada jeruji sangkar, jadi rutinitas kurang bagus ini juga akan susah untuk di hilangkan. Oleh karenanya sebelumnya burung jadi punya kebiasaan, sebaiknya bila cara atau langkah menangani lovebird ngeruji segera diaplikasikan agar ia jadi malas untuk melakukan aktivitas di dekat jeruji sangkar.

Penyebabnya lovebird ngeruji, dapat berlangsung karena aspek spesifik. Walau demikian penyebabnya umum yang paling banyak dipercaya oleh beberapa kicau mania berkenaan dengan terjadinya burung yang suka ngeruji, yaitu karna ia tengah over birahi. Selain itu, bila pemicunya telah di ketahui dengan terang, yakni karna burung tengah over birahi, jadi perlakuannya dapat dengan sebagian cara. Seumpama lewat cara mengawinkan, hentikan pemberian EF/Ekstra Fooding, serta mengubah alur atau tempat tangkringan. Untuk lebih detilnya sekali lagi tentang langkah menangani lovebird ngeruji seperti berikut :

Berikut 3 Langkah Menangani Lovebird Ngeruji di Sangkar

 
3 Langkah Menangani Lovebird Ngeruji di Sangkar

Mengawinkan


Menangani lovebird yang ngeruji lewat cara mengawinkan dengan lawan macamnya, mempunyai tujuan supaya biraharinya bisa tersalurkan, hingga begitu sangat mungkin bila nanti juga akan menguragi tingtak birahi yang sangat over. Sistem pengawinan dapat dikerjakan saat umur burung memijak sekitaran 8 bln., begitu juga pasangannya. Pada umur itu, banyak dipercaya kalau lovebird sudah menjangkau puncak dewasa, hingga cukup sangat mungkin untuk dijodohkan dengan lawan macamnya.

Saat mencari pasangan yang sesuai sama, di mana umpamanya yang dicarikan pasangan lovebird betina, jadi penentuan pasangan yang pas yakni lewat cara mempertemukan betina dengan lawan macamnya, yang mana sudah dilepaskan pada kandang koloni yang diisi sebagian jumlah burung jantan. Sesudah kandang yang berisikan pejantan sudah disediakan, lantas burung betina dapat dilepaskan serta dilewatkan untuk mencari pasangan yang sesuai sama hasratnya. Bila ia telah memperoleh pasangan yang sesuai sama, peluang nanti sistem perkawinan juga akan jalan lebih cepat.

Tetapi jika pasangan lovebird kurang pas atau cocok, jadi hal yang di kuatirkan yaitu bila sistem perkawinan juga akan berjalan lama. Lepas dari itu, selesai masa perkawinan pada umumnya tingkat birahi burung yang semula sangat over yang mana jadi sebab dari lovebird ngeruji, juga akan alami penurunan. Seperti yang sudah diterangkan diatas barusan, kalau ngeruji peluang besar bisa dipicu karna tingkat birahi burung yang sangat over namun tidak dapat tersalurkan pada lawan macamnya.

Hentikan Pemberian EF (Ekstra Fooding)


Karna EF (Ekstra Fooding) atau pakan penambahan yang didapatkan pada loverbird seperti kuaci serta kangkung, memiliki kandungan kandungan protein yang cukup tinggi, jadi begitu sangat mungkin bila dapat mendongkrak penambahan pada tingkat birahi burung. Serta jika selalu diberi dengan jumlah yang terlalu berlebih, tidak tutup peluang kalau nanti dapat buat burung lovebird jadi over birahi. Seperti yang sudah diterangkan seperti diatas barusan, kalau over birahi dapat juga menyebabkan rutinitas burung untuk jadi ngeruji.

Oleh karenanya, agar terlepas dari hal seperti itu, jadi sebaiknya bila senantiasa memerhatikan alur pemberian pakan lovebird, terutama EF. Tetapi bila burung telah terlanjur alami over birahi, pakan yang dapat diberi yaitu makanan intinya yang mana tidaklah terlalu memiliki kandungan protein tinggi, yakni milet putih serta canary seed. Pemberian EF dapat dikerjakan kembali selesai burung lepas dari rutinitas ngeruji serta telah tampak nyaman bertengger pada tangkringan yang disiapkan seperti yang lalu.

Mengubah Alur atau Tempat Tangkringan


Terkecuali dengan mengawinkan serta hentikan pemberian EF, menangani lovebird ngeruji dapat juga lewat cara mengubah alur atau tempat tangkringan. Seumpama jika didalam sangkar burung cuma ada satu tangkringan saja, jadi peluang besar si pengicau juga juga akan seringkali mendekati serta bertengger pada jeruji sangkar. Bila hal tersebut hingga berlangsung perlakuannya yaitu dengan menaikkan jumlah tangkringan, yang mana seandainya lebih dari satu.

Baca Juga: 8 Macam Jenis Burung Lovebird

Menaikkan jumlah tangringan yang lebih dari satu, mempunyai tujuan supaya letak dari tangkringan itu dapat dirubah-ubah sesuai sama keperluan manfaat menghindar burung lovebird yang ngeruji. Sedang untuk pemasangannya, yakni diletakkan dengan berdampingan dekat jeruji dengan tempat yang bertemu atau lebih persisnya menyilang. Untuk jumlahnya, karna ditata menyilang jadi mesti lebih dari satu, dapat dua, tiga, atau bahkan juga empat sekalian.

Jika tangkringan telah ditata demikian rupa, di mana ada di dekat jeruji, pasti burung yang semula suka bertengger pada jeruji, kadang-kadang juga akan coba bertengger diatas tangkringan. Begitu, makin lama burung juga juga akan punya kebiasaan bertengger pada tangkringan. Baik itu dengan disengaja maupun tidak, namun tidak tutup peluang bila nanti burung juga akan terasa tambah nyaman waktu ada diatas tangkringan dibanding dengan bertengger pada jeruji.