Friday, February 3, 2017

Cara Paling Mudah Membedakan Trucukan Betina dan Jantan, Ciri fisik serta Suara kicauannya.


Cara Paling Mudah Membedakan Trucukan Betina dan Jantan, Ciri fisik serta Suara kicauannya.


Burung trucukan ini juga mempunyai bahasa ilmiah yaitu Pycnonotus goiavier.  Burung pengicau ini juga punya kedekatan dengan kutilang dan juga burung ini termasuk kepada golongan burung cucak-cucakan misalnya cucak kerinci ,cucak gunung, cucak rawa dan lain sebagainya. Nama aslinya ialah merbah cercukcuk namun di sebagian daerah burung pengicau ini mempunyai panjang tubuh kurang lebih sekitar 20 cm yang diukur dari ujung paruh sampai ekor. Disetiap daerah burung  ini mempunyai nama atau sebutan yang tidak sama. Di daerah sunda, orang biasa menyebutnya dengan burung jogjog, sedangkan orang jawa menamainya dengan istilah burung trucukan yang mana sampai pada saat ini telah banyak orang menyebutnya burung trucukan terutama di kalangan kicau mania tanah air kita.

Cara Yang mudah Membedakan Trucukan Betina dan Jantan.

Trucukan juga termasuk sebagai salah satu burung yang sangat cerdas, kenapa kok bisa dikatakan begitu sebab jenis unggas ini berjambul hitam  dan ini ternyata lebih mudah dijinakkan oleh manusia, terutama oleh sang pemiliknya yang tiap hari memeliharanya. Burung yang bersuara ropel sebagai suara khasnya ini di alam bebas sangat gemar terbang di daerah yang ramai penduduknya, misalnya daerah perumahan warga, dipepohonan sekitar  halaman depan rumah, perkebunan dan hingga pada taman-taman yang ada diperkotaan. Mungkin itulah  salah satu sebab burung ini mudah dijinakkan oleh manusia dan mungkin karena sudah terbiasa dengan banyaknya manusia. Selain itu burung trucukan ini juga mempunyai kemampuan menirukan kicauan burung jenis yang lain yang senada dengannya misalnya burung cucak ijo, cendet, kutilang dan lain sebagainya.

Dalam kemampuan kicaunya yang aduhai telah banyak orang yang mengakui bahwa trucukan betina dan jantan sudah sama-sama bisa melantunkan suara ropel, cuma saja  volume suara masing-masing jenis kelamin yang membedakan. Pada umumnya ciri-ciri burung ini yang dapat berkicau dengan menggema dan keras adalah trucukan jantan, sedangkan trucukan betina hanya berkicau dengan suara kicauan yang lirih dan lembut. Dan Jika anda berkeinginan untuk memelihara burung trucukan atau burung merbah cercukcuk ( nama lain) dan hendak membelinya, maka saya sarankan pilihlah burung pengicau yang berkelamin jantan. Apabila masih bingung juga dalam membedakannya antara kedua jenis kelamin burung tersebut, tidak ada salahnya jika anda lebih banyak menyimak ulasan beberapa ringkasan tentang ciri-ciri yang telah saya ambil sebagai bahan perbandingan dari berbagai sumber di bawah ini.

*Ciri-ciri Burung Trucukan Jantan

  •  Suara kicauannya terdengar  jauh lebih nyaring ataupun lantang. walaupun dalam keadaan mabug burung ini tetap rajin berkicau.
  •  Dan durasi kicauan ropelnya lebih panjang dan bervariasi.
  •  Banyak orang yang mengatakan bahwa ukuran tubuhnya lebih     besar.
  •  Ada pula yang mengatakan bahwa bulu dadanya terlihat lebih gelap.
  •  Lingkar matanya berwarna hitam pekat dan bulu dimatanya relatif         lebih lebat.
  •  Dan terakhir mempunyai leher yang lebih kekar dibandingkan     dengan     betina.

*Ciri-ciri Burung Trucukan Betina

  •   Suara kicauannya cenderung lebih pelan dan lembut.
  •  Kebalikan dari si jantan, jika si betina ini saat dalam keadaan mabug      biasanya tidak akan      mengeluarkan kicauan dan bahkan sampai          tidak akan berbunyi sama sekali.
  •  Durasi kicauan ropelnya cenderung sangat pendek dan tetap           begitu-begitu saja atau kurang variasinya.
  • Ada banyak orang yang mengatakan bahwa  ukuran postur      tubuhnya     lebih kecil dibanding dengan si jantan.
  •   Juga banyak yang mengatakan bahwa dadanya berbulu terang.
  •   Lingkaran matanya berwarna hitam dan bulu matanya cenderung          tipis dan memudar.
  •  Lehernya tidak se kekar leher si jantan.
Selain  perbandingan semacam itu, beberapa teman mania juga banyak yang memberi perbedaan antara kedua jenis kelamin burung itu dengan melalui pengamatan terhadap gerak gerik jambul di kepala burung tersebut. begini pengamatannya Apabila dikala berkicau jambulnya bisa mengembang dan juga akan terlihat lebih tegas atau gagah, maka dapat diyakini bahwa burung trucukan itu adalah merupakan trucukan jantan. Sedangkan burung trucukan betina, jambul milikinya jarang berkembang, dan jika jambulnya bisa mengembang, maka itupun hanya bisa terlihat  pada ujungnya saja dan cenderung jambulnya berukuran lebih pendek. Demikianlah perbedaan antara burung trucukan betina dan burung trucukan jantan. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kalian, dan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih